Blogger Widgets Assalamu'alaikum wr.wb: PENANGGULANGAN PEMBOBOLAN PASSWORD WIFI

Sabtu, 26 Agustus 2017

PENANGGULANGAN PEMBOBOLAN PASSWORD WIFI

Wi-fi itu adalah sebuah cara untuk berbagi koneksi internet yang paling mudah dan praktis. dengan wifi kita bisa berbagi koneksi internet tanpa menggunakan kabel sehingga lebih praktis dan mudah. Namun, dibalik kemudahan menggunakan Wifi.
Ketika anda menyalakan Wi-fi anda, misalkan anda adalah pemilik sebuah Kafe, Rumah makan, Warnet, atau Pemilik Wifi Pribadi dirumah. Anda dapat dirugikan oleh beberapa orang yang Iseng, atau yang memang sengaja ingin melakukan sesuatu pada Wifi anda yang akan merugikan anda sebagai pemilik Wifi tersebut.
Tentunya Hal ini menuntut anda sebagai pemilik Wifi untuk lebih mengamankan Wifi anda untuk mencegah orang yang akan melakukan sesuatu yang negatif terhadap Wifi anda. pada artikel ini, saya akan berbagi Cara untuk Penangulangan Pembobolan Password Wifi dari serangan Hacker. Cara ini akan membantu anda untuk lebih memahami dan mengerti bagaimana cara mengamankan Wifi anda.
Berikut Cara/Langkah untuk Penanggulangan Pembobolan Password Wifi dari serangan Hacker :

  1.  Hindari Password Default
Hindari password default dan ganti dengan password baru. Banyak literatur tentang pentingnya membuat/mengembangkan password. Buatlah password yang kuat, artinya password yang aman adalah password yang menggabungkan huruf dan angka serta juga huruf besar dan kecil.  Jauhi membuat password dengan nama dan tanggal lahir karena mudah untuk ditebak.

      2. Pertimbangkan Mengubah Default Nama SSID

The service set indentifier (SSID) adalah nama umum dari jaringan nirkabel anda. Banyak sekali, produsen akan menggunakan  SSID yang sama untuk semua produk mereka. Meskipun hal ini tidak berdampak langsung terhadap keamanan jaringan anda. Jika seorang penyerang mengidentifikasi SSID default, mereka dapat mencoba untuk menyerang dengan asumsi bahwa jaringan dapat juga menggunakan password default. Sementara ada beberapa pendapat untuk menyembunyikan SSID tanpa harus mengganti nama SSID, kebenaran ini memiliki pengaruh yang kecil pada keamanan. karena ada sejumlah alat hacker yang digunakan untuk menemukannya.

       3. Melindungi Access Points dengan Enkripsi

Enkripsi adalah suatu keharusan untuk melindungi jaringan nirkabel anda. Jawaban terbaik untuk kebutuhan enkripsi anda adalah WPA2 (Wifi Protected Access 2), yang lebih kuat dari pendahulunya – WPA – serta WEP (Wired Equivalent privacy). Tidak seperti versi lain, WPA 2 menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) algoritma untuk keamanan. Meskipun WPA2 tidak didukung oleh beberapa kartu nirkabel pendahulunya, tapi inilah pilihan yang paling aman.

       4. Aktifkan MAC Address Filtering Fitur

Sebuah media access control (MAC) address adalah sebuah identifikasi unik untuk hardware komputer anda. dengan mengaktifkan MAC filtering, Anda bisa melakukan kontrol lebih besar atas siapa yang dapat terhubung ke jaringan anda  dengan menyiapkandaftar klien yang akan diizinkan untuk bergabung. Setelah MAC diaktifkan, router/access point akan memeriksa alamat MAC dari klien yang mengirimkan permintaan untuk bergabung dengan jaringan dan yang akan terhubung adalah yang terdaftar. Mereka yang tidak ada dalam daftar tidak dapat bergabung. ini bukan solusi untuk menjaga penyerangan dari jaringan anda, karena alamat MAC dapat dipalsukan, jadi pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan keamanan lainnya juga.

    5. Nonaktifkan Remote Adminstration

Beberapa router jaringan nirkabel memungkinkan pengguna untuk mengelola router jarak jauh dari mana saja. Jika hal ini tidak benar-benar diperlukan, tidak ada alasan untuk menjaga fitur ini diaktifkan. melakukan hal ini berarti membuka akses router anda melalui internet.
Ingat, pintu baja tidak berarti apa-apa jika dibiarkan terbuka, mengikuti cara/langkah dasar diatas adalah satu langkah dalam membela diri dari penyerang (hacker).
Sumber : http://wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages